11 Rekomendasi Tempat Wisata di Jepara, Anda Wajib Mencobanya!

Tempat Wisata di Jepara

Tahukah Anda jika Jepara dijuluki surganya Jawa Tengah? Hal ini karena adanya Kepulauan Karimunjawa, yang menampilkan keindahan bawah laut Indonesia. Tidak hanya itu, tempat wisata di Jepara sangat beragam mulai perbukitan, perhutanan, hingga keindahan pantai yang memukau. 

Jepara yang terletak di Provinsi Jawa Tengah lebih dikenal dengan industri mebelnya. Tidak hanya itu banyak hal menarik yang bisa Anda lihat di Kota Jepara. Dalam bidang seni budaya, ‘Gamelan Selaras’ merupakan paling populer, bahkan tertuang langsung di Peraturan Bupati (Perbup) No. 57 Tahun 2021, tentang pelestarian dan pengembangan seni budaya di Kabupaten Jepara.

Untuk tahu wisata meranik yang ada di Jepara, mulai wisata alam, wisata keluarga, cagar budaya, wisata sejarah, dan masih banyak lagi. Simaklah ulasan berikut, agar Anda mendapatkan keseluruhan insight-nya!

11 Tempat Wisata di Jepara

Berdasarkan letak geografisnya, Kabupaten Jepara berada di perbatasan dengan Laut Jawa bagian barat dan utara. Pulau Karimunjawa yang menjadi titik keindahan, juga termasuk ke dalam Kabupaten Jepara. Beragam tempat wisata yang menarik tersaji untuk Anda. Pun harga yang dipatok cukup ekonomis, untuk keindahan alam yang luar biasa. 

Lalu apa saja tempat wisata, rekomendasi para wisatan di Kabupaten Jepara? Berikut daftar tempat atraksi alam yang layak dikunjungi bagi Anda dan keluarga! 

Wisata Taman Nasional Karimunjawa

Rekomendasi tempat wisata Jepara yang paling banyak dikunjungi wisatawan adalah Taman Nasional Karimunjawa. Pulau ini banyak mencuri perhatian wisatawan lokal maupun internasional. Anda akan melihat kumpulan pulau-pulau kecil yang berjumlah lebih dari 20 pulau. Disana menjadi pusat wisata taman laut, yang merupakan spot paling menarik untuk dikunjungi.

Menampilkan terumbu karang yang cantik, Anda bisa melakukan olahraga air seperti snorkelling, agar bisa menyaksikan aneka ragam biota laut. Anda juga dapat mengunjungi penangkaran ikan hiu, dan melakukan kegiatan lain seperti tracking ke hutan mangrove, menikmati pantai, wisata kuliner, serta wisata religi.

Pantai Benteng Portugis

Ada sisi unik jika Anda mengunjui pantai Benteng Portugis. Sesuai dengan namanya, terdapat benteng yang berdiri kokoh sejak tahun 1923. Benteng tersebut kini menjadi cagar budaya yang dilindungi oleh pemerintah setempat. Sampai hari ini, pantai Benteng Portugis kian ramai pengunjung untuk melihat kegagahan bangunan, sekaligus berenang di pantai.

Berbeda dengan pantai pada umumnya, karena Anda tidak akan melihat pasir di mulut pantai, melainkan batuan dan tebing. Oleh sebab itu, pantai ini menjadi tempat favorit bagi pecinta aktivitas memancing. Fasilitas yang diberikan cukup lengkap, mulai kamar mandi, gazebo untuk bersantai, dan masih banyak lagi.

Pulau Panjang

Tempat wisata di Jepara selanjutnya adalah Pulau Panjang. Dimana pulau ini memiliki luas mencapai 19 hektare, yang dikelilingi perairan dangkal serta dipenuhi terumbu karang. Pulau Pajang  ini menyajikan keindahan yang luar biasa, hampir sebanding dengan pulau Karimunjawa. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, tentunya akan membawa ketenangan karena udaranya yang bersih serta keasrian alam.

Di sana terdapat penyewaan sepeda, agar pengunjung bisa berkeliling menikmati pulau yang menenangkan. Selain itu, pulau ini belum banyak yang mengetahui, sehingga masih sedikit pengunjungnya, jika dibandingkan pulau Karimunjawa. Adapun kegiatan yang wajib Anda coba saat berkunjung di pulau ini seperti snorkling, berkemah, hingga wisata religi ke makam Syekh Abu Bakar Bin Yahya Ba’alawi.

Air Terjun Jurang Nganten

Wisata alam tidak selalu di pantai ataupun pegunungan. Anda bisa mengunjungi air terjun Jurang Nganten di Jepara, untuk melihat keindahan bebatuan serta air yang mengalir. Berdiri di tebing tegak serta kucuran air yang cenderung tenang, Anda bisa bersantai untuk menghilangkan penat setelah bekerja selama sepekan.

Air terjun Jurang Nganten memiliki ketinggian berkisar 50 meter. Jika Anda ingin berkunjung, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 40 menit dari pusat kota Jepara. Anda masih harus melakukan trakking sekitar 500 meter untuk mencapai ke sana. Setelah melalui jalan yang terjal, Anda bisa leluasa menikmati gemericik air serta pepohonan yang begitu asri.

Bukit Bejagan

Bukit Bejagan merupakan destinasi yang wajib Anda kunjungi saat ke Jepara. Pasalnya di Desa Wisata Tempur ini, Anda akan disuguhi hamparan persawahan yang indah, serta berlatarkan pegunungan yang gagah. Salah satu spot yang menjadi favort bagi wisatawan adalah Bukit Bejangan itu sendiri. 

Bukit ini memiliki rumah pohon yang mengarah langsung ke tebing. Dengan lokasi yang seperti ini, Anda dapat menikmati pemandangan hutan sekaligus perbukitan yang indah dari ketinggian.

Pantai Ombak Mati

Tempat wisata lainnya yang bisa Anda kunjungi bersama keluarga adalah Pantai Ombak Mati. Sebelumnya, pantai ini dijuluki Pantai Bondo. Penamaannya yang unik, memberikan arti literal di pantai ini, karena tidak memiliki ombak sama sekali. Jika Anda menyukai suasana yang tenang, pantai ini bisa jadi rekomendasi.

Pulau Mandalika

Pulau Mandalika merupakan pulau tidak berpenghuni di Kabupaten Jepara. Tempat ini menjadi incaran wisatawan, karena menyuguhkan pesona wisata air laut yang bening, dan bisa melihat ikan berenang dengan mata telanjang. Pulau ini cukup unik, karena letaknya yang tepat di tengah laut, seakan Anda akan melihat kura-kura yang mengambang di air.

Hutan Sreni

Hutan sreni menjadi tempat wisata di Jepara yang wajib Anda masukkan ke dalam list. Hutan ini merupakan hutan lindung yang letaknya di lereng Gunung Muria, dan kini difungsikan sebagai tempat wisata. Diketinggian Gunung Muria, Anda dapat menikmai udara yang segar, serta melihat hamparan pohon pinus yang sangat epik.

Danau Blingoh

Danau Blingoh mememiliki tampilan yang berbeda dengan danau yang lainnya. Dimana Danau Blingoh memiliki keindahan, karena dikelilingi oleh kapur putih paling menawan. Hal inilah yang menyebabkan warna dari Pulau Blingoh berwarna hijau tosca. Wisata ini terbentuk atas ketidaksengajaan, yang mana sebelumnya merupakan penambangan ilegal. 

Pantai Kartini

Pantai ini merupakan salah satu distanisasi air paling populer. Pasalnya, banyak wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kartini, karena ingin melihat pemandangan laut nan indah, hanya dengan melihat di tepi pantai saja. Di pantai ini, banyak sekali wahan yang bisa Anda coba. Dengan pemandangan yang indah, Anda dapat menghilangkan penat di waktu liburan.

Pantai Punuk Sapi

Ada banyak pantai yang bisa Anda kunjungi jika ke Jepara. Salah satunya, pantai Punuk Sapi. Wisata ini cukup unik dengan penamaannya, karena menyerupai punuk sapi saat Anda lihat sekilas. Berbeda dari pantai lainnya, pantai Punuk Sapi memiliki pasir warna hitam yang letaknya tepat di pinggir pantai.

Berikut menjadi informasi tempat wisata di Jepara, yang bisa Anda coba dengan keluarga, teman, hingga kerabat kerja. Rekomendasi di atas memiliki penilaian baik dari wisatawan-wisatawan. Wisata di Jepara memang identik dengan pemandangan alam yang indah, asri, serta sejuk. Dengan berkunjung ke salah satu tempat destinasi di sana, Anda bisa memulihkan energi positive Anda. semoga bermanfaat!